Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress | The Next Marketers

Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress

Membuat sebuah daftar isi di dalam postingan wordpress kamu yang panjang sebenarnya perlu untuk dilakukan. Tujuannya antara lain agar pembaca tulisan kamu dapat dengan mudah memahami isi dan kelanjutan dari tulisan itu. Bayangkan, jika kamu menulis 1.500 kata di sebuah postingan, tanpa adanya Subtitle atau daftar isi, sering sekali pembaca justru binggung ketika membacanya sampai habis.

Nah, disinilah peran sebuah Daftar Isi. Pembaca kamu tidak akan binggung dan mengetahui urutan demi urutan isi dari artikel tersebut.

daftar isi wordpress - Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress
Daftar Isi

Pernah melihat daftar isi dalam sebuah artikel di Wikipedia? Contohnya seperti gambar disamping. Beberapa artikel yang cukup panjang di situs The Next Marketers juga memiliki daftar isi. Tujuannya untuk mempermudah pembaca memahami secara keseluruhan isi dari artikel tersebut.

Cara membuat table of content wordpress ini memang cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan bantuan plugin untuk membuatnya. Pada dasarnya, kita bisa membuatnya tanpa bantuan plugins, tapi setidaknya kamu harus memahami sedikit tentang php. Nah, biar kamu enggak ribet, Kita bantuan plugin untuk membuatnya. Ikuti cara dibawah ini untuk membuat daftar isi di wordpress dengan mudah dengan plugins.

1. Instal Plugin Table of Contents Plus

Tahap pertama kamu harus menginstall plugins Table Of Content Plus terlebih dahulu. Nah, bagi kamu yang belum tau Cara Menginstall Plugins di WordPress, silahkan baca artikel sebelumnya.

2. Setting Plugins Table of Contents Plus

toc - Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress
Setting TOC+

Setelah kamu berhasil instal pluginsnya, Kita harus melakukan settingan agar plugins tersebut bekerja dengan baik. Nah, kamu masuk ke bagian Setting>>TOC+. Lihat gambar disamping.

Nah, selanjutnya lakukan settingan. Pada bagian “Show When”, pilih heading yang ingin kamu insert kepada TOC. misalnya, Website ini menggunakan Heading 3. Selanjutnya, Pilih Post untuk auto insertnya. Artinya, kita memasang TOC+ hanya di bagian postingan saja.

Selanjutnya kamu bisa mengedit heading text pada daftar isi. Misalnya judul, tampilkan, tutup dan sebagainya.

Selanjutnya pilih desain yang kamu mau. ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan dibagian setting paling bawah dari TOC+.

Setelah selesai, kamu tinggal klik save pada pengaturan plugins TOC+ tersebut. Lalu lihat hasilnya di postingan kamu. Oh ya, beberapa teman kadang menayakan, Kenapa belum muncul juga daftar isinya? Nah. Disini kamu harus perhatikan, jika tidak ada Heading 3 dalam isi postinganmu, maka daftar isi tidak akan muncul. Karena pada pengaturan kita hanya memilih Heading 3 atau 4 agar daftar isi muncul.

Jadi, pastikan dalam postingan kamu ada Heading 3 atau 4 ya. Semoga bermanfaat dan selamat membuat daftar isi di blog wordpress kamu.

Leave a Comment